16 Juli 2009

Kunci Masalah Pertanian Indonesia?

Malam Pemilu Presiden 2009, aku sekeluarga berdiskusi. Awalnya hanya obrolan biasa lalu merambah ke dunia politik dan akhirnya ke masalah pertanian. Topik utama yang kami perbincangkan adalah penyebab terpuruknya pertanian Indonesia.

Ibuku dengan tegas mengatakan itu adalah karena pemerintah. Pemerintah tidak dapat memberikan kebijakan yang tepat untuk membangun pertanian Indonesia. Aku setuju dengan pendapat ini. Karena pemerintah memegang peranan penting sebagai pembuat kebijakan yang dapat menentukan ke arah mana pertanian Indonesia. Selama ini tampaknya kurang diperhatikan atau kadang salah strategi.

Om ku lebih menyalahkan para sarjana pertanian. Kenapa mereka setelah lulus banyak yang bekerja di sektor lain dan yang bekerja di sektor peranian (beliau memberi contoh para pegawai dinas pertanian), bekerja tidak profesional. Aku mengiyakan realita tersebut, tapi menurutku itu bukan penyebab utama masalah pertanian. Terlalu picik tampaknya untuk menyetujuinya karena banyak faktor lain yang menyebabkan kenyataan itu.

Lalu ada yang berargumen tentang global warming dan perubahan cuaca yang tidak menentu. Hal tersebut memang dapat mempengaruhi produksi pertanian terutama di sektor hulu. Namun pertanian menurutku sangat kompleks, bukan hanya sektor hulu tapi juga ada sektor hilir dan penopangnya.

Kalau menurut teman-teman apa yang menjadi kunci permasalahan pertanian tersebut?

1 komentar:

  1. Masalah Pertanian, bukan hanya Pemerintah tak dpt memberikan kebijakan yang tepat untuk membangun pertanian Indonesia dunia dunia politik-akademis dan pengusaha tuk berbuat selalu ”Setengah Hati” sampai saat ini tak pernah ttl dan tuntas berbuat
    jelasnya di http://vistumitrevertum.blogspot.com/2009/04/art-20-setengah-hati.html dan juga salam kenal Nahda Kanara, mari kembangkan sesuai bakat/ potensi dan kemampuan diri Asalam.

    BalasHapus